Publication Ethics

Kebijakan dan Kode Etik Penulisan Artikel

Latar Belakang

Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (JINTP) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penulis yang ditulis berdasarkan hasil penelitian. JINTP berkomitmen menerbitkan artikel yang berkualitas tinggi dan mementingkan kepercayaan publik pada temuan penelitian dan memberikan penghargaan kepada penulis sesuai dengan ide (gagasan) yang dihasilkan. Kejujuran seorang peneliti untuk mendapatkan data yang akan ditulis menjadi sebuah artikel menjadi syarat utama pada JINTP. Selain itu artikel yang dikirim bebas dari konflik kepentingan. JINTP memastikan semua artikel yang diterbitkan di JINTP mengikuti etika publikasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika publikasi yang sudah disepakati oleh seluruh penerbit jurnal. Standar etika publikasi harus dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan agar tercipta lingkungan yang kondusif dan menghindari masalah yang timbul karena pelanggaran etika publikasi oleh penulis. Dokumen ini menyajikan kebijakan etika publikasi di Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan dan pernyataan kode etik sebagai pedoman bagi semua pemangku kepentingan jurnal.

Publikasi dan Penulisan

Penulis pada artikel yang akan diterbitkan di JINTP harus memenuhi syarat penulisan. Semua penulis yang tercantum di artikel mempunyai kontribusi pada konsepsi, desain, pelaksanaan, pengolahan data, analisis data atau intrepretasi naskah. Tulisan artikel adalah tanggung jawab penulis yang bersangkutan. Penulis harus memastikan bahwa semua rekan penulis masuk dalam naskah. Ketua penulis harus menyerahkan formulir (Formulir A) yang menyatakan bahwa mereka semua telah melihat dan menyetujui versi akhir naskah dan telah setuju untuk mengirimkannya untuk dipublikasi. Permintaan untuk menambah atau menghapus penulis (s) atau untuk mengatur nama penulis dari naskah yang diterima sebelum diterbitkan, harus dikirim ke Pemimpin Redaksi.

Tanggung Jawab Penulis

Penulis wajib mengikuti proses pemeriksaan naskah yang ditetapkan oleh Jurnal Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (JINTP). Penulis bertanggung jawab untuk tranparansi data asli (tidak ada data plagiarisme, tidak ada data penipuan) dari artikel yang dikirimkan, dan bersedia menambahkan data lainnya ketika diminta Pemimpin Redaksi. Artikel yang dikirim ke JINTP belum pernah dipublikasi (kecuali telah diseminarkan) dan tidak dikirim ke jurnal lainya. Jika dalam naskah terdapat bagian data yang telah dipublikasikan maka sumber harus diakui dan dikutip dengan tepat. Penulis harus memastikan bahwa penelitian yang menggunakan hewan harus dilakukan sesuai dengan etika dan kesejahteraan hewan. Penulis harus mematuhi ulasan reviewer dan kesepakatan publikasi yang telah ditetapkan. Penulis melaporkan penelitian secara bertanggungjawab ketika melibatkan manusia atau hewan. Setiap permasalahan harus dinyatakan termasuk keuangan, pribadi atau hubungan dengan organisasi terkait yang dapat mempengaruhi pekerjaan/poyek penelitian tersebut. Semua sumber dana dan sponsor (jika ada) dalam proyek penelitian harus disertakan di bagian ucapan terimakasih Penulis diminta bersedia menerbitkan koreksi, klarifikasi, pencabutan, dan permintaan maaf saat diperlukan.

Tanggung Jawab Reviewer

Reviewer yang telah ditetapkan oleh Pemimpin Redaksi membantu meningkatkan kualitas artikel melalui proses koreksi yang obyektif dalam kurun waktu yang telah dijadwalkan, serta turut berkontribusi dalam pengambilan keputusan penerimaan artikel. Jika reviewer menemukan konten artikel mempunyai kemiripan sekitar 20 % dengan artikel yang telah terbit wajib memberitahu ke Pemimpin Redaksi. Reviewer tidak memiliki konflik kepentingan sehubungan dengan penelitian, penulis dan atau penyandang dana penelitian. Setiap kerahasiaan informasi yang diberikan oleh editor atau penulis harus dipeliharavoleh reviewer.

Tanggung Jawab Editor

Editor memiliki tanggung jawab dan wewenang penuh untuk menerima atau menolak artikel.. Editor harus obyektif, tranparan dan indenenden ketika melakukan tugas untuk menerima aau menolak artikel dan tidak melakukan diskriminasi pada gender, etnis, agama, pandangan politik atau asal geografis dari penulis. Editor tidak boleh memiliki konflik kepentingan sehubungan dengan artikel yang mereka terima atau tolak dan menerima naskah berdasarkan kualitas artikel sesuai dengan stnadar JINTP.

Etika Publikasi


Penulis, reviewer, dan editor harus menjaga integritas catatan akademis selama seluruh proses publikasi. Kebutuhan bisnis harus dihalangi dan tidak mengorbankan standar intelektual dan etika.

Kode Etik Hewan Percobaan


Penulis harus memastikan bahwa penelitian yang melibatkan hewan dilakukan sesuai dengan etika dan kesejahteraan hewan. Semua hewan percobaan harus dirawat dan digunakan sesuai dengan peraturan internasional, nasional atau lokal. Para penulis harus menyatakan secara eksplisit dalam sebuah pernyataan/surat termasuk nama otoritas etika dan nomor persetujuan, bahwa eksperimen disetujui oleh otoritas mengenai kepatuhan dengan etika dan kesejahteraan hewan.


Penulis dapat merujuk pada Standar Internasional untuk Editor dan Penulis (http:// publicationethics.org/international-standards-editors-and-authors) oleh COPE (Komite Etika Publikasi) untuk kebijakan yang tidak tercantum dalam instruksi ini.