agriculture; biosystem; mechanics; engineering

Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan 

Jurnal berkala ilmiah ini bertujuan dan berkiprah dalam pengembangan ilmu keteknikan untuk pertanian tropika dan lingkungan hayati. Dengan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dari para penulis yang tidak hanya dibatasi untuk anggota PERTETA tetapi terbuka bagi masyarakat umum yang akan mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya dalam bidang ilmu keteknikan untuk pertanian tropika dan lingkungan hayati. Artikel yang dipublikasikan di Jurnal Keteknikan Pertanian dapat diakses secara penuh sampai artikel full text-nya (Open Access) dan dapat didownload dan dibaca oleh semua pembaca sehingga akan meningkatkan sitasi dari artikel yang dipublikasikan di Jurnal Keteknikan Pertanian.

Jumlah Frekuensi Terbit dan Naskah per Terbitan

Jurnal Keteknikan Pertanian satu tahun terbit dua kali pada bulan April dan Oktober. Pada setiap penerbitan berisi 10 naskah/artikel publikasi, sehingga dalam satu tahun mempublikasikan 20 naskah/artikel. Mulai edisi tahun 2017 terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus dan Desember masing-masing berisi 12 artikel.

Lingkup Makalah Jurnal

Lingkup makalah, antara lain: teknik sumberdaya lahan dan air, alat dan mesin budidaya pertanian, lingkungan dan bangunan pertanian, energi alternatif dan elektrifikasi, ergonomika dan elektronika pertanian, teknik pengolahan pangan dan hasil pertanian, manajemen dan sistem informasi pertanian. Makalah dikelompokkan dalam invited paper yang menyajikan isu aktual nasional dan internasional, review perkembangan penelitian, atau penerapan ilmu dan teknologi, technical paper hasil penelitian, penerapan, atau diseminasi, serta research methodology berkaitan pengembangan modul, metode, prosedur, program aplikasi, dan lain sebagainya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Ketua Editor akan menugaskan salah seorang Editor untuk menelaah naskah yang masuk untuk proses selanjutnya. Editor ini akan meminta paling tidak dua orang mitrabestari untuk menelaah nasskah tersebut. Berdasarkan komentar dan masukan dari mitrabestari editor dan ketua editor akan memutuskan menolak atau melanjutkan proses naskah untuk dapat dipublikasi di jurnal ini.

 

Publication Frequency

Jurnal Keteknikan Pertanian terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober

 

Open Access Policy

Artikel yang dipublikasikan di Jurnal Keteknikan Pertanian dapat diakses secara penuh sampai artikel full text-nya (Open Access) dan dapat didownload dan dibaca oleh semua pembaca sehingga akan meningkatkan sitasi dari artikel yang dipublikasikan di Jurnal Keteknikan Pertanian.