Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Silvikultur Tropika - Journal of Tropical Silviculture Science and Technology?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

INSTRUKSI UNTUK PENULIS

SILVIKULTUR TROPIKA Journal of Tropical Forest Science and Technology menerbitkan artikel tentang hutan tropika dan pengetahuan yang berhubungan dengan hutan tropika seperti botani, fisiologi, ekologi, tanah, genetika, proteksi, patologi, entomologi, kebakaran, klimatologi, daerah aliran sungai, biodiversitas, bioteknologi, agroforestri, reklamasi dan restorasi. Tulisan-tulisan ilmiah diterbitkan dalam bentuk artikel hasil-hasil penelitian (article), ulas balik (reviews), catatan penelitian (notes), hipotesa (hypothesis), maupun komunikasi (communication) di bidang silvikultur hutan tropika.

Naskah yang dikirimkan merupakan hasil penelitian, analisis kebijakan atau gagasan dengan topik yang aktual dengan lingkup hal ikhwal silvikultur tropika. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah dalam bahasa Indonesia ditulis mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penulis mengirimkan naskah dalam bentuk hard copy sebanyak tiga eksemplar dan soft copy, atau file elektronik melalui e-mail.  Naskah yang diterima adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya. Jadual penerbitan adalah bulan April, Agustus dan Desember.

Penulis harus mengacu pada petunjuk di bawah ini ketika mempersiapkan naskah mereka. Semua permohonan akan diperiksa oleh salah satu editor dan setidaknya dua peninjau. Setelah penyerahan, Editor in Chief akan menetapkan naskah ke Editor yang sesuai untuk penanganan selanjutnya. Editor akan meminta setidaknya dua ilmuwan untuk meninjau naskah. Berdasarkan komentar dari revieweres, Editor, dan Editor in Chief akan membuat keputusan pada naskah. Naskah dikirimkan kepada:

SILVIKULTUR TROPIKA
Journal of Tropical Forest Science and Technology

Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB

Jl Lingkar Akademik Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

Telp (0251)8626806, Fax (0251)8626886

Email: jstdsvk@gmail.com, jstdsvk@apps.ipb.ac.id

Web: journal.ipb.ac.id/index.php/jsilvik atau www.silvikultur.fahutan.ipb.ac.id


PERSIAPAN NASKAH

Jenis Naskah 

Full Article. Artikel lengkap diharapkan menghadirkan keaslian, memberikan kemajuan besar dan  penting dalam Silvikultur Tropika,  memiliki  skema penelitian yang luas serta menyajikan diskusi mendalam suatu temuan. Struktur artikel terdiri dari Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka (lihat Naskah Format details). Artikel harus diketik di kertas maksimum 15 halaman atau 3.000-4.500 kata (termasuk gambar dan tabel).

Short Communication. Berdasarkan atas urgensi, ruang lingkup penelitian dan/atau kedalaman diskusi, Silvikultur Tropika akan menerbitkan suatu artikel sebagai komunikasi singkat. Komunikasi singkat (- 1500 kata) memuat kajian mendalam seperti artikel lengkap.

Format Naskah

Naskah diketik dua spasi pada kertas A4 dengan margin di ke empat sisinya adalah 2 cm dan menggunakan huruf bertipe Times New Roman berukuran 12 point. Nomor halaman terletak di kanan atas dan dibuat secara berurutan. Gambar dan Tabel dikelompokkan dan diletakkan pada akhir naskah (setelah Daftar Pustaka).

Bagian naskah ditulis dalam urutan ini, yaitu:

  1. Judul dalam bahasa Indonesia dan Inggris untuk artikel dalam bahasa Indonesia, dan judul dalam bahasa Inggris untuk artikel berbahasa Inggris.
  2. Nama lengkap penulis
  3. Nama lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos
  4. Nama penulis untuk korespondensi dilengkapi telp, fax, dan e-mail
  5. Running title
  6. Abstrak dalam bahasa Inggris (tidak lebih dari 200 kata)
  7. Kata kunci dalam bahasa Inggris
  8. Pendahuluan
  9. Bahan dan Metode
  10. Hasil dan Pembahasan
  11. Ucapan terima kasih (jika diperlukan)
  12. Daftar pustaka
  13. Gambar dan Tabel, beserta keterangannya.

DETAIL PENJELASAN TENTANG NASKAH 

Judul.  Judul terdiri dari tidak lebih dari 14 kata. Penulis harus memberikan running title (maksimum 50 karakter) yang digunakan sebagai judul pendek header halaman. 

Author's Data. Nama lengkap penulis (tanpa singkatan) dan alamat lengkap penulis (lengkap dengan kode pos). Contoh:  Nurheni Wijayanto, Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Kampus Darmaga, Bogor-16680. Untuk korespondensi penulis menambahkan telepon, nomor faks, dan e-mail.

Abstrak. Abstrak tidak lebih dari 200 kata yang tidak memiliki referensi dan tidak mengandung angka, singkatan, dan akronim Abstrak harus dimulai dengan pengenalan yang jelas, dua atau tiga kalimat menyebutkan latar belakang penelitian. Selanjutnya, bagian masalah umum penelitian. Hasil temuan utama yang secara langsung menjawab masalah dari penelitian. Berikan satu atau dua kalimat untuk mendiskusikan temuan. Editor memiliki hak untuk mengedit Abstrak untuk alasan kejelasan.

Key Words: maksimum 6 (enam) kata, kata kunci pertama yang paling penting. 

PENDAHULUAN. Tuliskan latar belakang penelitian dan menyebutkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan. Buat satu pertanyaan yang diperlukan untuk dijawab melalui pekerjaan penelitian Anda. Berikan deskripsi (lokal dan nama ilmiah) dari organisme yang diteliti.

BAHAN DAN METODE. Bagian Metode harus cukup rinci untuk memungkinkan peneliti menjawab beberapa atau semua pertanyaan-pertanyaan berikut: (i) Apakah studi eksperimental atau eksplorasi?; (ii) Apakah metode yang dijelaskan cukup detail dan memadai sehingga kajian dapat direplikasi?; (iii) Jika penelitian Anda menggunakan metode peneliti sebelumnya, tolong jelaskan secara singkat metode tersebut. Jika Anda membuat modifikasi, gambarkan bagian yang dimodifikasi, (iv) Nama sampel, berikan penghormatan kepada siapa yang memberikan sampel; (v) jelaskan kondisi musiman habitat (jika ada) atau tanggal pengambilan sampel; (vi ) Bahan pustaka harus dikumpulkan sesuai dengan standar etika dan mendapat persetujuan. 

HASIL DAN PEMBAHASAN. Hasil yang diperoleh berdasarkan metode yang digunakan. Jangan sajikan data yang sama dalam tabel dan grafik. Jangan ada referensi di bagian hasil, harus diberikan standar deviasi data. Semua data yang diberikan dalam hasil harus dinyatakan dalam tabel atau grafik.

Pembahasan data Anda dilakukan dengan membandingkan data yang dilaporkan saat ini dengan hasil sebelumnya. Sorot kesamaan, serta perbedaan, dan keunikan temuan Anda. Jelaskan mengapa hasilnya menjadi seperti itu. Diskusi diakhiri dengan memberikan saran penelitian masa depan dalam topik tertentu.

Pengakuan. Sebutkan sumber hibah (Lembaga, tahun kontrak) dan orang yang diberikan bantuan. Nama orang  yang membantu pekerjaan Anda.

DAFTAR PUSTAKA. Hanya pustaka yang telah dipublikasikan atau diterima untuk diterbitkan. Artikel yang diterima, namun belum dipublikasikan harus dikirim sebagai lampiran naskah. Website, komunikasi pribadi, data yang tidak diterbitkan harus dimasukkan dalam teks dalam tanda kurung. Komunikasi pribadi harus ditulis dengan inisial nama dari sumber, disertai dengan tahun pernyataannya, misalnya, (Takahashi 2007, komunikasi pribadi). Penulis harus memberikan bukti dari komunikasi.

SILVIKULTUR TROPIKA Journal of Tropical Forest Science and Technology mengikuti gaya rujukan nama-tahun. Semua karya yang dimuat dalam  Daftar Pustaka harus dirujuk ke teks. Daftar Pustaka harus dirujuk ke dalam teks dengan nama dari penulis pertama dan tahun penerbitan dalam kurung, dengan menggunakan format berikut: (Brower & deSalle 1998) atau Brower dan deSalle (1998). Gunakan nama penulis pertama dan "et al." ketika ada lebih dari dua penulis. Perintah untuk  di dalam tanda kurung di dalam teks harus diketik mulai dari tahun tertua (Monteiro & Pierce 2001; Morinaka et al. 2002; Rubinoff & Sperling 2002). Jika pustaka memiliki tahun yang sama, tempat mereka berdasarkan abjad. Karya-karya oleh penulis yang sama pada tahun yang sama, menambahkan huruf kecil a, b, c, dll kepada tahun penerbitan. Daftar Pustaka harus mengikuti gaya ini:

Jurnal artikel

Penulis AB, Penulis CD, Penulis EF. 2001. Judul artikel. Journal 60:128-132. Contoh: Gibb H, Hochulii DF. 2002. Habitat fragmentation in an urban environment: large and small fragments support different arthropod assemblages. Biological Conservation 106: 91-100.

Buku

Penulis GH, Penulis IJ. 2006. Judul Buku. Kota tempat terbit: nama penerbit. Contoh: Barnes BV, Zak DR, Denton SR, Spurr SH. 1998.  Forest   Ecology. New York. John Wiley & Sons Inc. 774pp. 

Bab dalam buku

Penulis KL, Penulis MN. 1999. Judul bab: subjudul. Dalam: Editor MN, Editor OP (ed.). Judul Buku. 2nd ed. Kota tempat terbit: nama penerbit. p 200-235. Contoh: Costa ES, Luizao FJ, Luizao RC, McMillan A.  2002. Litter layer dynamics and soil microbial biomass in reforested areas after degradation by bauxite mining in Eastern Amazon. Dalam:  M.V. Reddy (Ed.). Management of Tropical Plantation-Forests and Their Soil-Litter System. USA. Science Publishers Inc. p 129-148.

Tesis atau disertasi

Penulis MN. 2002. Judul [Disertasi]. Lokasi universitas: Nama universitas. Contoh: Widayanti KA. 2006. Color perception of L4M5 gene carrier female Macaca fascicularis [Tesis]. Bogor: Bogor Agricultural Univ.

GAMBAR. Gunakan grafik/gambar dengan lebar maksimum 8,5 cm. Angka dan judul ditulis dengan Times New Roman 8.

GRAFIK STATISTIK. Memberikan deviasi standar untuk setiap nilai rata-rata. Penulis yang menggunakan Microsoft Excel Program harus memberikan data mentah.

FOTO. Tambahkan skala pengukuran jika diperlukan. Panah harus diberikan untuk menunjuk objek tertentu.

TABEL. Memberikan deviasi standar untuk setiap nilai rata-rata. Tabel judul harus ringkas. Penjelasan bahan, catatan tentang pengukuran, dan informasi umum lainnya yang berlaku untuk seluruh tabel harus dimasukkan sebagai yang pertama, tak terhitung catatan kaki dan bukan dalam tabel judul. Nomor dan judul tabel ditulis dengan  Times New Roman 8.

Bukti. Bukti-bukti akan dikirim melalui Fax / E-mail ke penulis korespondensi dan diharapkan untuk mengoreksi artikel dengan hati-hati. Bukti yang telah diperbaiki harus diterima oleh bagian administrasi dalam dua hari kerja.

PENYAMPAIAN BIAYA NASKAH

Pengarang dikenai biaya cetak 7 USD per halaman untuk yang tidak memiliki photo. Halaman dengan foto hitam putih akan dikenakan biaya 30 USD per halaman. Halaman dengan foto warna akan dikenakan biaya 55 USD per halaman cetak.

Cetak Pisah.  Korespondensi penulis akan menerima 1 jurnal dan 3 cetak pisah. Harap dicatat bahwa kami tidak akan memberikan jurnal kecuali atas permintaan dari para penulis untuk membeli.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 70000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.