Journal History

Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PS–PSL) merupakan program studi yang bersifat multidisiplin, yang mendalami dan mengajarkan serta mengembangkan ilmu-ilmu lingkungan dan teknologi serta seni pengelolaan sumberdaya alam dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan konsep pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

PPLH-IPB adalah lembaga tertua di Indonesia yang memfokuskan kegiatannya pada bidang sumberdaya alam dan lingkungan hidup. PPLH-IPB terbentuk atas dasar pemikiran bahwa perlunya suatu pendirian  pusat studi yang bertujuan meningkatkan kapabilitas penelitian dan membantu penyelenggaraan program studi PS-PSL.

PPLH didirikan pada tahun 1976 sebagai Pusat Studi Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan (Pusdi PSL) yang kini menjadi Pusat Penelitian Lingkungan (PPLH). Secara struktural, merupakan salah satu pusat penelitian di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0435/O/1992 tentang Statuta IPB dan Surat Keputusan Rektor IPB No. 116/Um/1994.

Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (PS-PSL, SPs IPB) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PPLH-LPPM, IPB) mengelola bersama penerbitan JPSL sejak tahun 2011, dengan periode terbit dua nomor per tahun. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (JPSL) merupakan berkala ilmiah yang menyajikan artikel ilmiah, pemikiran konseptual, review, dan resensi buku pada bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang memiliki karakteristik tropis. Setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan ditelaah oleh mitra bestari.